Senin, 03 November 2014

Desa Pengaringan Adakan Merdi Bumi



Setelah hampir 10 tahun lebih tidak menyenggarakan Merdi Bumi, di tahun 2014 M/ 1436 H ini warga Desa Pengaringan kembali menyelenggarakannya. Seperti biasanya serangakaian acara merdi bumi ini di mulai dengan acara Wedusan/ Tasyakuran Suran dan dilanjut dengan pegelaran seni Tayub serta puncak acara pagelaran Wayang Golek (Minak) bersama Ki Dalang Hadi Sutrisno dari Karanggayam.


Pelaksanaan merdi bumi kali ini dipusatkan di balai desa Pengaringan. Pada Sabtu (01/11) di adakan wedusan atau syukuran dalam menyambut bulan Muharram atau orang Jawa lebih mengenal dengan Sura. Yaitu warga menyembelih kambing Kendhit (kambing warna hitam yang ada warna putih melingkar dibadannya). Setelah itu di masak (jangan) santan. Setelah matang warga berbondong - bondong di sekitar balai desa untuk menyantab masakan tersebut bersama - sama dan sisanya dibawa pulang. Dan yang unik di sini adalah semua yang mengolah / memasak adalah bapak - bapak. Karena ibu - ibu harus masak nasi dirumah buat persiapan acara syukuran.

"Acara Merdi Bumi terlenggara sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala limpahan rizqi kepada Warga Pengaringan. Sehingga di tahun baru Muharram 1436 H kali ini, masih diberikan kehidupan yang damai dan sejahtera. Dan juga sebagai sarana silaturahim antara seluruh elemen masyarakat Desa Pengaringan."Ujar Kades Pengaringan, Bejo Priyanto.

Sementara di Minggunya (02/11), warga Pengaringan kembali berkumpul kembali di balai desa untuk mengikuti dan menyaksikan acara berikutnya yaitu tayuban. Adapun yang menerima sonder pertama yaitu Bapak Bejo Priyanto selaku Kepala Desa Pengaringan di susul jajaran perangkat dan lembaga desa yang ada serta di lanjut oleh warga.

Sementara pada malam puncak acara warga Pengaringan dan sekitarnya di suguhi Pagelaran wayang Golek dengan lakon Amir Jumenengan yang di bawakan oleh Ki Dalang Hadi Sutrisno dari Karanggayam. Yang menceritakan lika - liku suka duka perjalanan Amir sehingga akhirnya menjadi raja atau pemimpin. 
Acara ini juga dihadiri Camat Pejagoan H. Wahib Tamam, M.Si , di dampingi Danramil, Kapolsek, Muspika, Ketua PPDI Kec. Pejagoan, Kepala Desa Se-Kec. Pejagoan, Kepala Desa Condong Campur. 

1 komentar:

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Posting Komentar

SMS GRATIS

VISITOR

TGL

ADMIN

Sambutan PENULIS : Wasim Al Kabumainy
 
Selamat datang di Desa Pengaringan Online "Perekat Masyarakat Desa Pengaringan dan Sekitarnya". Mari kita jalin persatuan dan kesatuan. Walau dari desa kami ingin mendunia (maya)......

Blog Archive

 

Template by NdyTeeN