Sabtu, 08 Agustus 2009

INTERNET MASUK DESA : Semoga Ini Bukan Hanya Mimpi



Pemerintah menargetkan pada 2010 program internet masuk desa sudah terealisasi di seluruh Indonesia, sehingga rencana tindak lanjut menjadi desa pintar terwujud.

"Kami menargetkan tahun 2010 program internet masuk desa tuntas dan ke depan rencana menjadikan desa pintar segera terealisasi," kata Menkominfo, M. Nuh, usai menghadiri Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-XVI dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-XV di Pondok Pesantren Al-Hikmah, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan, tahun ini pemerintah menargetkan dapat menyelesaikan jaringan internet di seluruh desa, sebanyak 32 ribu jaringan dari 72 ribu desa sasaran.

Namun pada saat ini, program itu masih belum bisa menjangkau Indonesia bagian timur, sehingga wilayah itu akan direalisasikan 2010 mendatang.

M. Nuh juga menyatakan sengaja membuat program internet masuk desa, dengan harapan dapat membantu pengetahuan masyarakat. Jaringan itu akan dipusatkan di kawasan yang dekat dengan komunitas dan diserahkan pengawasannya pada pemerintah desa.

"Kami tidak perlu ada tim khusus untuk menjadi pengawas karena sudah diserahkan pada desa," katanya.

Untuk program itu, lanjut Nuh, pemerintah telah mengalokasikan anggaran hingga Rp1,4 triliun, sebagai persiapan program itu. Diharapkan, 2010 mendatang, program desa pintar tersebut dapat diwujudkan.

Menyinggung adanya kekhawatiran akan dampak negatif pada program tersebut, M. Nuh mengaku tidak terlalu mempedulikannya.

"Yang jelas, diutamakan untuk melakukan self filtering, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika itu dilakukan, kekhawatiran itu bisa berkurang," kata M. Nuh.


1 komentar:

Budhi mengatakan...

Internet masuk desa..? kenapa nggak, dulu saya tidak pernah bermimpi adanya listrik masuk desa, ternyata sekarang semua pelosok tanah air sudah menikmati aliran listrik, banyak cara untuk berinternet sekarang walau di desa sekalipun, selagi Signal Hp sudah masuk tinggal wus wus.. masuk dah.

Posting Komentar

SMS GRATIS

VISITOR

ADMIN

Sambutan PENULIS : Wasim Al Kabumainy
 
Selamat datang di Desa Pengaringan Online "Perekat Masyarakat Desa Pengaringan dan Sekitarnya". Mari kita jalin persatuan dan kesatuan. Walau dari desa kami ingin mendunia (maya)......

Blog Archive

 

Template by NdyTeeN