Jumat, 03 Desember 2010

31 Orang di Kebumen Tewas Akibat HIV/AIDS



Kebumen. Sejak pertama kali ditemukan tahun 2003 kasus HIV/AIDS di Kebumen hingga saat ini mencapai 66 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31 orang dengan HIV/AIDS atau 46,9 % telah meninggal dunia.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menyebutkan, laju perkembangan HIV/AIDS dua tahun terakhir mengalami peningkatan. Tahun 2009 ditemukan sebanyak 22 kasus dan dua kasus di antaranya meninggal dunia. Sedangkan tahun 2010 hingga 30 November terdapat 27 kasus dengan meninggal sebanyak 7 orang.


Kasus HIV/AIDS di Kebumen tersebar di 19 dari 26 kecamatan atau 73%. Bahkan kasus HIV/AIDS pada anak mencapai enam kasus (9,09 %) dengan tiga kasus di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Dwi Budi Satrio MKes melalui Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit pada Bidang Pengendalain Masalah Kesehatan (PMK) Tri Anggorowati SKM mengatakan, berbagai langkah telah diambil untuk mencegah penyakit HIV/AIDS di Kebumen. Antara lain dengan mengadakan promosi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Adapun sasaran pencegahan yakni masyarakat umum, generasi muda, kelompok risiko tinggi lain. Sedangkan untuk yang sudah terkena penyakit HIV/AIDS, Dinkes Kebumen dengan memperlakuakan secara khusus dengan merawat dan mengobati serta pendampingan.

"Yang lebih penting dalam penanganan kasus HIV/AIDS bukan menjauhi pengidapnya melainkan menjauhi penyakitnya," ujar Tri Anggorowati kepada Suara Merdeka CyberNews, Rabu (1/12).

Dia menambahkan, dampak epidemi AIDS pada pembangunan sumber daya manusia akan mengkibatkan angka kematian usia produktif, ibu bayi dan anak dan harapan hidup menurun. Sedangkan untuk dampak sosial salah satunya berdampak keluarga berantakan.

Lebih lanjut, hari HIV/AIDS se-Dunia diperingati setiap 1 Desember. Peringatan tahun 2010 ini mengangkat tema "Akses Universal dan Hak azasi manusia." Adapun sub temanya ialah Peningkatan hak dan akses pendidikan untuk semua guna menekan laju epidemic HIV di Indonesia menuju tercapainya tujuan pembangunan MDGs.

( Supriyanto /CN13 )

Kutip:http://suaramerdeka.com

1 komentar:

Belajar ngeblog mengatakan...

emang wis nyebar tekan desa2.... menurut pengamatane inyong saiki wis akeh juga bocah2 cilik sing urung ngumur tp wis kna raja singa....( data lisan dari perawat RSU )

http://www.kebumen.in ( nitip link )

Posting Komentar

SMS GRATIS

VISITOR

ADMIN

Sambutan PENULIS : Wasim Al Kabumainy
 
Selamat datang di Desa Pengaringan Online "Perekat Masyarakat Desa Pengaringan dan Sekitarnya". Mari kita jalin persatuan dan kesatuan. Walau dari desa kami ingin mendunia (maya)......

Blog Archive

 

Template by NdyTeeN