Jumat, 25 Februari 2011

LKM Wadah Penjaringan Aspirasi Masyarakat



Dinas Inforkomtel Kebumen – Keberadaan Lembaga Komunikasi Masyarakat tidak sekedar menjadi media penyebarluasan informasi ,namun keberadaan Lembaga dari,oleh dan untuk masyarakat tersebut diharapkan bisa memberdayakan masyarakat di suatu wilayah.
Demikian disampaikan Dra Wiwik selaku Kasi Pengembangan Kominfo pada Bidang Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Propinsi Jawa tengah dalam kegiatan Pemetaan LKM tingkat Propinsi Jawa Tengah yang berlangsung di desa Karangsari Kecamatan Sruweng Selasa (23/2) yang berlangsung di halaman Balai desa setempat . Hadir pada kesmepatan itu Kabid Inforkom Drs Drajat Triwibowo ,Camat Sruweng Mulyadi SH dan Kepala Desa Karangsari Padmo Sukemi beserta warga masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Wiwik menandaskan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan LKM di masing-masing wilayah, Dishubkominfo Propinsi Jawa Tengah melakukan pemetaan LKM. Untuk tahun 2011 pemetaan rencananya di laksanakan di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Khusus di Kabupaten Kebumen Wiwik memberikan apresiasi karena ternyata keberadaan LKM cukup berkembang. Seperti halnya di desa Karangsari ,LKM yang didirikan secara mandiri sudah memberdayakan radio komunitas berupa radio Jaring Asmara (RJA). Media tersebut dimanfaatkan sebagai media komunikasi masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

“Saya berharap LKM dan RJA yang dikelola masyarakat bisa ditingkatkan termasuk kesenian tradisional Jam-janeng untuk bisa dilestarikan.Pemprov juga akan memfasilitasinya agar keberadaan LKM dan bisa berkembang lebih baik“,tandas Wiwik.

Sementara Kabid Inforkom Drs Drajat Triwibowo mengatakan LKM tidak sekedar menjadi corong pemerintah saja akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi masyarakat. LKM merupakan lembaga mandiri/swadaya masyarakat dari,oleh dan untuk masyarakat. Di Kabupaten Kebumen dari 449 desa dan 11 kelurahan sudah terbentuk 190 LKM.

“LKM akan diperluas ke desa/kelurahan lainnya sebagai upaya mengoptimalkan media komunikasi dan informasi berbasis pemberdayaan masyarakat”,pungkas Drajat. (Rin)

Sumber : http://www.inforkomtel.kebumenkab.go.id/

0 komentar:

Posting Komentar

SMS GRATIS

VISITOR

ADMIN

Sambutan PENULIS : Wasim Al Kabumainy
 
Selamat datang di Desa Pengaringan Online "Perekat Masyarakat Desa Pengaringan dan Sekitarnya". Mari kita jalin persatuan dan kesatuan. Walau dari desa kami ingin mendunia (maya)......

Blog Archive

 

Template by NdyTeeN