Kamis, 10 Maret 2011

Pikat Burung Walet Dengan Sound System



Untuk memikat burung walet bisa dilakukan dengan menggunakan alat teknologi bernama Tweeter.
Hendri Mulia SE, CMA, pakar budidaya sarang burung walet mengatakan Tweeter merupakan sejenis alat pengeras suara berfrekuensi tinggi yang dapat digunakan untuk mengeluarkan suara yang dapat memikat burung walet agar tertarik mendiami rumah walet.


Tweeter dihubungkan dengan vcd player yang memutar rekaman suara-suara yang dapat menarik perhatian dan memancing burung walet seperti suara koloni, suara anak walet (piyik), dan suara walet pada fase birahi atau musim kawin.

“Pada prinsipnya suara-suara tersebut efektif untuk memanggil burung walet, misalnya untuk suara walet pada fase berahi biasanya di dominasi oleh suara betina sehingga bisa digunakan untuk menarik walet jantan akan tetapi bisa juga sebaliknya, intinya menarik lawan jenis mendatangi rumah walet,” terang pria yang telah mendalami bidang budidaya sarang burung walet sejak tahun 1992 kepada Sinar Tani di Jakarta.
Sedangkan untuk suara piyik digunakan untuk memancing indukan burung walet. Biasanya pada awal proses pemancingan walet akan tidur di dekat tweeter.

Sementara itu burung-burung muda seringkali membuat sarangnya tidak jauh dari tweeter. Bahkan tak jarang ada yang membuat sarangnya di atas tweeter. “Suara anak walet, piyik ini sebaiknya di pasang selama 24 jam nonstop”, tambahnya.

Selain itu, imbuh Dosen Universitas Atmajaya ini, terutama untuk pemutaran suara koloni walet menjadi sangat penting apalagi untuk rumah burung walet yang berada di sekitar tempat budidaya walet.

Sumber:http://www.sinartani.com

1 komentar:

Widyageng Atmajaya mengatakan...

wah..........apik kie kang
maturnuwun ws tambah pengalamane kan bacaan kie.

Posting Komentar

SMS GRATIS

VISITOR

ADMIN

Sambutan PENULIS : Wasim Al Kabumainy
 
Selamat datang di Desa Pengaringan Online "Perekat Masyarakat Desa Pengaringan dan Sekitarnya". Mari kita jalin persatuan dan kesatuan. Walau dari desa kami ingin mendunia (maya)......

Blog Archive

 

Template by NdyTeeN